Chevrolet Spin Dari dan Untuk Indonesia

User Rating: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
PoorBest 

Chevrolet Spin merupakan kendaraan global yang dikembangkan oleh tim desain dan teknik GM di Brasil berdasarkan masukan dari teknisi GM di kawasan Asia Tenggara. Spin merupakan sub-compact MPV tujuh penumpang yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan,

kabin yang lega, fleksibilitas, efisiensi, serta pengalaman berkendara yang superior dalam kemasan kontemporer serta terkini.

Spin yang diproduksi di pabrik GM Indonesia di Bekasi juga akan memenuhi kebutuhan pasar ekspor ke Filipina dan Thailand.

Tim teknik GM dari kawasan Asia Tenggara secara aktif terlibat dalam pembuatan desain serta pengembangan produk Spin dari awal proses untuk memberi masukan berharga mengenai aplikasi produk di kawasan ini.

Spin menambah portofolio produk Chevrolet di Indonesia. Spin akan memperkuat merek Chevrolet dan keberadaannya di kawasan ini untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar otomotif yang begitu kompetitif serta membuka peluang pertumbuhan yang lebih jauh.

Perkembangan dan Validasi

    Pengerjaan desain dimulai pada tahun 2007 dan unit produksi pertama keluar dari pabrik GM di Brasil pada pertengahan 2012.
    Selain di Brasil, pengembangan produk juga dilakukan di Asia Tenggara dan Korea.
    Tim regional memberi masukan data pasar, standar kualitas dan evaluasi pengembangan. Mereka mendukung sepenuhnya penyediaan komponen mobil  seiring dengan pengembangan pemasok komponen dan pembangunan pabrik.
    Uji kelayakan dilaksanakan di empat benua, termasuk Asia Tenggara. Tim regional menguji performa Spin untuk NVH (suara, getaran dan kekerasan), kenyamanan, kendali serta kemampuan berkendara pada kondisi jalan di masing-masing kawasan.
    Tim regional juga memberikan masukan spesifik untuk kebutuhan domestik, termasuk pengaturan posisi tempat duduk, pengaturan pengendara (baik untuk versi setir kiri maupun setir kanan), ruang untuk penumpang dan pertimbangan terkait BBM.
    Untuk versi setir kanan, sejumlah varian tenaga dan pendingan ruangan pada kabin belakang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pengguna setempat.
    Klinik uji diselenggarakan di berbagai penjuru dunia, termasuk di kawasan Asia Tenggara guna memberikan data-data penting bagi tim pengembangan produk seperti persepsi pelanggan dan kondisi spesifik di negara tertentu. Segala pertimbangan itu dimasukkan ke dalam model produksi terakhir guna memastikan produk Spin dibuat dengan desain, fitur dan performa yang seimbang sesuai kebutuhan di semua kawasan.

Eksterior

    Matt Noone adalah exterior design director, GM Brasil.
    Desain diarahkan untuk menciptakan serta membuat kendaraan dengan bentuk maskulin yang modern dan ekspresif secara proporsional.
    Hasilnya adalah sebuah kendaraan yang memiliki postur mengesankan dengan proporsionalitas unik, berkarakter serta menarik untuk dipandang.
    Garis tengah dan garis pinggir kendaraan yang menakjubkan membuat Spin terlihat lebih besar, selain memberikan kesan ‘macho’.
    Garis keras pada body kendaraan membantu memaksimalkan faktor aerodinamis dari kendaraan.
    Lapisan besi yang lebih tebal digunakan untuk meningkatkan kualitas, keamanan berkendara dan ketahanan kendaraan.

Interior

    Dagoberto Tribia adalah interior design director, GM Brasil.
    Kriteria utama desain ini adalah untuk menciptakan MPV tujuh kursi dengan kenyamanan dan fleksibilitas untuk setiap penumpang dalam kabin.
    Tujuh kursi dalam Spin dibuat nyaman dan diatur dengan gaya teater guna memberikan setiap penumpang jarak pandang yang lebih baik serta meningkatkan kenyamanan.
    Posisi berkendara yang lebih tinggi memberikan kemampuan pandang lebih baik di samping mengurangi kelelahan.
    Spin memiliki 23 konfigurasi posisi kursi dan 32 fitur ruang penyimpanan.
    Spin juga memiliki fitur Chevrolet yang terkenal yaitu dashboard ‘dual-cockpit’ dengan two-tone trim guna memberikan pengalaman berkendara yang premium.
    Speedometer digital memberikan sentuhan Sporty kontemporer beserta tachometer analog berikut tombol dengan aksen abu-abu dan chrome.
    Instrumen penunjuk arah angin atau kompas disertai penerangan biru terang.
    Spin memiliki kapasitas ruang mencapai 162 liter (konfigurasi tujuh kursi) dan dapat bertambah menjadi 864 liter apabila kursi belakang dilipat. Bahkan kapasitas ruang bisa mencapai 1.608 liter jika semua kursi belakang dilipat.
    Pengurangan NVH (atau suara, getaran dan kekerasan) di dalam kabin tercapai berkat penggunaan teknologi peredam suara terkini dan bahan yang menghambat NVH mengalir dari satu bagian kendaraan kebagian lainnya. Bahan ini mengisolasi bagian dalam kendaraan dengan mesin, jalanan serta suara dan getaran dari luar – memberikan pengalaman berkendara yang bebas getaran atau bunyi dalam interior berkelas.

Chassis

    Spin memiliki jarak antara poros roda sepanjang 2.620 milimeter. Panjang x lebar x tinggi Spin adalah sebagai berikut: 4.360 x 1.953 x 1.683 milimeters. Varian LTZ memiliki berat 1.277 kg dengan 50 liter tangki BBM.
    Jarak pijak depan dan belakang adalah 1.503 dan 1.509 milimeter. Konfigurasi ini merupakan konfigurasi yang bisa memperbaiki kemampuan kendali dan stabilitas. Ukuran ban adalah 195/65 R15. Tinggi mobil dengan permukaan jalan dari Spin adalah 191 milimeter.
    Suspensi depan menggunakan model McPherson Strut dengan per keong dan papan stabilizer. Sementara suspensi belakang menggunakan Torsion Beam semi-independen, per keong dan papan stabilizer.
    Suspensi telah diatur sehingga mampu memberikan kemampuan kendali terbaik di antara produk sejenis. Spin memberikan pengalaman berkendara yang lembut dan nyaman di dalam kota dan stabil ketika berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan. Kendali telah diatur untuk memberikan pengendara dengan kendali responsive tanpa mengorbankan kenyamanan penumpang.
    Sistem standar yang digunakan untuk Power-Steering adalah sistem rack-and-pinion.
    Kombinasi cakram rem dan drum memberikan Spin sistem rem yang mumpuni.

Mesin dan Transmisi

    Di Indonesia, Spin memberikan pilihan 1.5L and 1.2L untuk mesin bensin dan 1.3L untuk mesin diesel. Mesin 1.5L menghasilkan 107 PS pada kecepatan 6.000 rpm dan 148 Nm pada kecepatan 3.800 rpm. Mesin juga menampilkan DOHC (Double-Overhead Camshafts), 16 valve, Dual-VVT (Variable Valve Timing) dan multi-point fuel injection.
    The Spin menghadirkan 6 speed-automatic transmission dengan kendali driver shift sebagai fitur yang pertama kali digunakan untuk kendaraan sejenis di segmen-nya. Rasio transmisi telah di-optimal-kan untuk menyamai karakteristik kekuatan mesin dalam memberikan performa terbaik serta efisiensi BBM.

Varian & Fitur

    Di Indonesia, Spin tersedia dalam varian LT (1,2L) serta LT danLTZ (1,3L dan 1.5L) . Sejumlah fitur standar yang tersedia antara lain adalah dual air-conditioning (depan/ belakang), 4 speaker CD/MP3 player, konektifitas USB dan Bluetooth, stop kontak listrik, fungsi keamanan Follow-Me-Home dan sistem anti pencurian. Spin juga hadir dengan ABS (Anti-Lock Braking System), airbag untuk pengendara dan penumpang, serta pre-tensioner untuk sabuk pengaman  depan, dan juga roof rail.

Didirikan tahun 1911 di Detroit, Chevrolet saat ini adalah salah satu brand mobil terbesar di dunia, menjalankan bisnis di lebih dari 140 negara dan menjual lebih dari 4 juta mobil dan truk dalam setahun. Chevrolet memberikan para konsumen kendaraan hemat bahan bakar yang menggambarkan penampilan penuh semangat, desain yang ekspresif dan berkualitas tinggi. Informasi lebih lanjut mengenai model-model mobil Chevrolet dapat ditemuan di www.chevrolet.co.id. - Chevrolet Bandung